Teknologi Kabel Fiber Optik

Fiber Optic adalah sebuah jenis kabel atau saluran transmisi yang dibuat dari kaca yang memiliki ukuran sangat halus bahkan lebih halus dari sehelai rambut. Sumber cahaya yang digunakan adalah dari sinar laser atau LED dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat lain. Kabel fiber optic terbuat dari serat kaca murni, sehingga meski panjangnya berkilo-kilo meter cahaya masih dapat dipancarkan dari satu ujung ke ujung lainnya. Prinsip kerja kabel fiber optic adalah memantulkan dan membiaskan sejumlah cahaya yang merambat di dalamnya. Dalam sinyal fiber optic, sinyal analog diubah menjadi sinyal digital pada saat mengirimkan percakapan-percakapan telepon atau internet. Untuk mengirimkan setiap bit sinyal sebuah laser transmiter yang ada pada salah satu ujung kabel melakukan on/off dan dapat mentransmitkan data jutaan bit/second

Setiap untai kurang dari sepersepuluh rambut manusia dan dapat membawa sekitar 25.000 panggilan telepon, sehingga seluruh kabel serat optik dapat dengan mudah membawa beberapa juta panggilan. Rekor saat ini untuk serat “mode tunggal” adalah 178 terabit (triliun bit) per detik — cukup untuk 100 juta sesi Zoom ( menurut pakar serat Jeff Hecht )!

Kabel serat optik membawa informasi antara dua tempat menggunakan teknologi sepenuhnya optik (berbasis cahaya). Misalkan Anda ingin mengirim informasi dari komputer Anda ke rumah teman di jalan menggunakan serat optik. Anda dapat menghubungkan komputer Anda ke laser , yang akan mengubah informasi listrik dari komputer menjadi serangkaian pulsa cahaya. Kemudian Anda akan menembakkan laser ke kabel serat optik. Setelah melewati kabel, berkas cahaya akan muncul di ujung lainnya. Teman Anda membutuhkan sel fotolistrik (komponen pendeteksi cahaya) untuk mengubah denyut cahaya kembali menjadi informasi listrik yang dapat dipahami komputernya. Jadi seluruh peralatan akan menjadi versi yang sangat rapi dan berteknologi tinggi dari jenis telepon yang dapat Anda buat dari dua kaleng dan seutas tali.